Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Tanda Kamu Memiliki Growth Mindset, Agar Kamu Tangguh Hadapi Tantangan

Rickwiese.com – Pernahkah Anda mendengar tentang growth mindset dan fixed mindset? Growth mindset adalah pola pikir yang diyakini bahwa kemampuan dasar bisa ditingkatkan dengan cara kerja keras, konsistensi, cara tersebut sebagai modal awal saja. Disisi lain orang yang memiliki karakter fixed mindset, memahami bahwa bakat adalah segalanya dan cenderung berpatok pada hasil tanpa melihat prosesnya.

Untuk menghadapi tantangan, orang yang memiliki growth mindset akan lebih berjuang dan menyukai tantang, sedangakan orang yang memiliki fixed minset akan menghindari tantangan dan mudah menyerah. Berikut ini Rickwiese.com telah meringkas 5 tanda Kamu memiliki growth mindset agar Kamu tangguh untuk menghadapi tantangan.

Belajar dari Kesalahan Sebelumnya

Jika Anda orang yang memiliki sifat growth mindset, kegagalan dan kesalahan dipandang sebagai perjalanan menuju kesuksesan. Sehingga alih-alih bersedih dalam waktu lama saat mengalami kegagalan, justru merekalah yang mudah bangkit dan bertekad untuk memperbaiki kesalahannya.

Sedangakan, orang yang memiliki sifat fixed mindset akan dianggap kegagalan sebagai identitas diri. Alhasil mereka mengalami kesulitan untuk belajar dari kesalahan sebelumnya. Hal ini yang membuat ia berpindah dan merasa tidak mampu. Selain itu, sulit berkembang untuk menjadi lebih baik lagi.

Belajar Menerima Kritik dari Orang Lain

Orang yang memiliki growth mindset mereka akan berusaha memperbaikinya dan belajar menerima kritik dari orang lain. Sehingga ia akan menjadi pembelajar yang baik dan bisa terhindar dari rasa percaya diri yang terlalu berlebihan.

Sementara, untuk orang fixed mindset akan cenderung menutup diri dari kritikan orang lain. Ia akan mengabaikan dan menolak kritikan dari orang lain, selain itu ia merasa dirinya sudah sempurna. Alhasil ia kurang bisa berkembang dan mendapatkan hasil yang stagnan.

Cerdas Melihat Peluang Emas

Orang yang memiliki growth mindset pasti mudah menemukan peluang emas. Bahkan ditengah banyak kesulitan, masalah, maupun dalam keadaan kekurangan diri. Ia tetap bisa melihat peluang yang bisa menghasilkan. Seingga ia selalu memandang segala hal dari sisi positifnya.

Selain itu untuk orang fixed mindset mereka cenderung sulit untuk mencari peluang baru. Selain itu ia menilai bahwa peluang baru adalah sebuah kesulitan dan tidak mampu dihadapi. Alih-alih menerima tantangan, dia akan lebih suka menjalani apa yang sudah dilakukannya karena lebih mudah.

Berani Keluar dari Zona Nyaman

Orang yang memiliki growth mindset akan berania keluar dari zona nyamanya. Mereka akan berusaha mencoba hal-hal baru di luar kebiasaanya. Mereka pasti tahu bahwa berada diluar zona nyaman akan menghadirkan kesulitan, ketidakpastian, dan berbagai masalah lainnya. Namun mereka tetap optimis untuk menghadapinya dan belajar hal baru dari pengalaman tersebut.

Sedangkan, untuk orang yang memiliki fixed mindset mereka akan senang dan damai ketika berada di zona nyamanya. Ia tidak akan beralih pada hal-hal yang sulit karena mereka takut dan khawatir apabila ketenangannya akan terganggu.

Kesuksesan Orang Lain adalah Inspirasi

Yang terakhir, Orang yang memiliki growth mindset akan menilai kesuksesan orang lain sebagai inspirasi. Meraka akan meniru kebiasaan, belajar dari proses dan kegagalannya. Alih-alaih memandangnya sebagai ancaman, mereka menilai bahwa kesuksesan orang lain sebagai jalan pintas menuju sukses. Sehingga hal ini bisa menghindari kesalahan-kesalahan mereka, tanpa harus mecobanya secara langsung.

Itulah 5 tanda apabila Anda memiliki growth mindset yang bisa membuat Anda menjadi tangguh ketika menghadapi tantangan.