Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Hemat Data di Google Meet, Khusus Indonesia dan Brazil

Bekerja.id – Google Meet merupakan layanan komunikasi dan konferensi melalui video dari Google meluncurkan fitur baru, diantaranya penghemat data yang dikhususkan untuk pasar Indonesia dan Brazil.

Direktur Manjaemen Produk Google Meet Dave Citron mengatakan bahwa fitur baru Google Meet ini dirancang khusus bagi mereka yang bekerja dengan metode hibrida atau campuran yang bisa bekerja secara online maupun offline, yang banyak dilakuan di masa pandemi covid-19.

“Secara khusus, pihak Google memperkenalkan antar pengguna (UI) baru, serta menambahkan fitur yang lebih baik yang didukung oleh Teknologi Google AI terbaru. Selain itu alat yang yang digunakan semakain interaktif,” ucap keterangan resmi pada Jumat (23/4/2021).

Citron menjelaskan bahwa mulai April ini Google Meet sudah dilengkapi dengan fitur pengehmat data. Saat ini fitur ini bisa digunakan khusus pengguna di Indonesia dan Brazil sebagai upaya untuk menghemat penggunaan data jaringan seluler.

Selain tampilan anatrmuka Google Meet juga hadir untuk versi dekstop yang bisa diperbaruhi mulai Mei 2021.

Untuk feed video, presentasi dan menu bagian bawaah, Google Meet akan dilengkapi dengan tampilan gambar diri sendiri dalam rapat serta punya banyak fitur untuk menampilkan video yang muncul pada laman utama.

Bila Anda tidak ingin melihat diri sendiri, Google Meet juga menyediakan fitur untuk mengecilkan dan menyembunyikan video.

Selain untuk fitur presentasi, Meet juga memperbaruhi fitur pin konten. Ketika pin dilepas maka layar akan berisi presentasi yang berukuran sama seperti rapat lainnya.

Google Meet juga menjanjikan adanya pemasangan pin pada beberapa video pada waktu mendatang.

Menu bawah akan dikumpulkan dalam satu tempat supaya pengguna bisa mudah mengontrol Google serta memindahkan tombol untuk mengakhiri panggilan jarak jauh melalui tombol kamera dan mikrofon, supaya pengguna tidak sengaja keluar dari konferensi video.

Google juga menambahkan fitur pengatur cahaya untuk versi web, yang sebelumnya tersedia untuk versi seluler. Fitur ini juga didukung dengan teknologi kecerdasan buatan Google AI.

Meet juga dilengkapi dengan fitur Zoom otomatis, yang bisa memanfaatkan Google AI untuk memperbesar dan menempatkan pengguna tepat di depan kamera. Apabila pengguna bergerak, maka fitur ini akan otomatis menyesuaikan supaya peserta rapat bisa fokus pada hal-hal yang penting.

Fitur Zoom otomatis hanya bisa dilakukan bagi pengguna Google Workspace berbayar.

Google Meet juga menambahkan fitur interaktif pada platform, dalam beberapa minggu yang akan datang, Sehingga Google Meet punya fitur untuk mengganti latar belakang.